Selasa, 20 Agustus 2013

CARA "MEMPERBESAR" RAM PADA ANDROID



Seperti kita ketahui, salah satu kelemahan pada OS android adalah memakan banyak RAM. Hal ini berpengaruh pada kinerja perangkat yang berjalan dengan OS android, apalagi jika perangkat yang digunakan memiliki RAM yang kecil.Beberapa teman saya yang menggunakan perangkat android pernah mengeluh, ketika dia menginstal banyak aplikasi perangkat androidnya menjadi sangat lambat/lag. Sebenarnya bukan karena memasang banyak aplikasi, lag disini disebabkan bertambahnya aplikasi yang running/berjalan secara background. Sehingga menambah beban multitasking buat prosesor dan memakan banyak ram, tapi jangan khawatir buat pengguna android dengan RAM kecil saya punya solusi yang saya dapat dari Juwe11 developer di forum XDA.


Baiklah, langsung ke pokok bahasan yaitu "Cara Memperbesar Ram pada Android". Memperbesar disini diartikan sebagai penambahan free memory, bukan menambahkan RAM secara hardware. Adapun trik yang akan saya jelaskan menggunakan kombinasi script dengan aplikasi RAM Manager buatan Juwe11, sebagai catatan untuk mengunakan trik ini android anda harus di-root terlebih dahulu karena disini kita akan mengakses file sistem dan untuk antisipasi lakukan juga NANDroid Backup.
Berikut ini langkah - langkahnya :


  1. Siapkan Peralatan yang kita perlukan yaitu : HP android yang sudah di-root, Root Explorer/Solid Explorer (dalam hal ini saya mengunakan Solid Explorer), RAMScript dan RAM Manager.
  2. Kalau peralatan sudah lengkap kita mulai, langkah kedua buka Root/Solid Explorer kemudian  kopi ramscript yang sudah kita download pada langkah pertama ke folder init.d yang berada di /system/etc/init.d jika belum ada anda bisa membuat folder baru dan beri nama init.d  


 3   Berikutnya set permition-nya menjadi -rwxr-xr-x atau samakan dengan permition pada file yang sudah   ada di folder init.d (jika sudah ada). Pada beberapa kasus seperti pada perangkat nexus s milik saya kita juga harus mengganti nama file ramscript dari s97ramscript menjadi 97ramscript, tapi jika tampa rename script sudah berjalan dengan benar maka tidak perlu di-rename lagi.



 4    Restart perangkat anda dan lihat perbedaannya, sampai pada langkah ini free ram pada nexus s saya yang sebelumnya hanya 149mb bertambah menjadi 165 mb free ram.
5. Masih kurang puas, lanjut ke langkah ke lima. instal aplikasi Ram Manger Pro (bisa di download di Play Store). kemudian pilih profile sesuai kebutuhan anda. Setelah memakai profile Balance (More Free Memory), set VM heap size dan swap file ke 128m saya mendapat 200mb free memory.



Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk memperbesar ram, namun sejauh ini saya merasa script dan aplikasi dari Juwe11 ini yang paling cocok dengan HP Android saya. Demikian trik yang bisa saya bagikan untuk kali ini, dan ucapkan selamat tinggal LAG....

Semoga Bermanfaat,

NB : 
-  Cara di atas sudah saya coba sendiri, dan berhasil tanpa kendala.
-  Ikuti semua langkah dengan benar, agar tidak menemui kegagalan
-  Segala Kerusakan Bukan Tanggung jawab saya.

Sumber : http://android4mi.blogspot.com/2013/02/cara-memperbesar-ram-pada-android.html

blogger templates | Make Money Online