Sabtu, 03 Agustus 2013

Cara Aman Unlock Bootloader Sony Xperia semua tipe

Halo apa kabar? Saya kembali lagi di sini :)
Oke, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan cara meng-unlock bootloader sony xperia semua tipe (yang sudah pernah saya coba XPERIA TIPO & MIRO).
 
Nah, mungkin yang lagi baca masih bertanya-tanya nih, apa sih Bootloader itu? Terus fungsinya unlock bootloader itu buat apa? Oke, mari kita bahas ya, buat yang udah master silahkan komentar ya kalo saya salah, hitung-hitung sih sambil belajar :)


Apa itu Bootloader?

Bootloader is a piece of code that runs before any operating system is running.
Bootloader are used to boot other operating systems, usually each operating system has a set of bootloaders specific for it.
Bootloaders usually contain several ways to boot the OS kernel and also contain commands for debugging and/or modifying the kernel environment.
Nah, fungsinya buat apa unlock bootloader itu?
Jadi dengan meng-unlock bootloader, anda bisa menginstall custom ROM dan custom kernel yang tersedia. Untuk melihat custom ROM dan custom kernel yang tersedia, silahkan anda buka XDA Developer
Kan custom ROM ada yang buat locked bootloader?
Iya, memang ada, tapi tidak seperti custom ROM yang di-design khusus untuk unlocked bootloader. Jadi bisa dibilang, custom ROM untuk unlocked bootloader lebih kompleks :) Kalo anda masih tetap dengan argumen anda, mengapa anda melanjutkan membaca artikel ini? :)
Oh ya, sebelum melanjutkan, ada baiknya anda baca kalimat berikut :
"UNLOCKING YOUR PHONE'S BOOTLOADER MAY VOID YOUR WARRANTY, SO DO ON YOUR OWN RISK. FAJARMF DOESN'T TAKE ANY RESPONSIBILITIES IF ANYTHING HAPPENED ON YOUR OWN PHONE!"
"Unlock Bootloader Does Factory Reset on your phone. So back it up first in CWM. If you dont know what i mean, don't do this. This is for Advanced User only!"

Oke, syaratnya adalah sebagai berikut :
1) Root. Anda memiliki akses root pada hape anda. Silahkan baca
Cara Root HP Sony Xperia Tipo jika anda masih bingung tentang root.
2) USB Debugging is On. Baca di   Cara Root HP Sony Xperia Tipo juga ya :)
3) Install PC Companion dulu. Download di Sony Mobile. Ini diperlukan, buat driver hape anda :)
4) Install Flashtool terbaru. Dapatkan Flashtool untuk Xperia di website Androxyde :D

Oke, udah install PC Companion dan Flashtool? Baik, lanjutkan :)
  1. Pada direktori tempat anda menginstall Flashtool, silahkan klik pada folder drivers, dan klik pada Install-drivers.exe. Anda cukup memilih driver buat Flashboot dan Fastboot saja :)
  2. Pada handphone anda, silahkan buka aplikasi "telepon" atau "phone", dan tulislah *#*#7378423#*#*. Setelah itu, masuklah ke Service info > Configuration > Rooting Status. Jika status Bootloader Unlock Allowed adalah Yes, maka lanjutkan :) Jika tidak, silahkan kunjungi Sony Service Center :)
  3. Masuk ke website Sony di Unlock Bootloader, lalu ikuti perintah disana
  4. Silahkan buka aplikasi telepon lagi, dan tulislah *#06# dan catat nomor IMEI handphone anda. Setiap handphone berbeda-beda :)
  5. Kembali ke website Sony, akan ada tampilan seperti ini :


 Silahkan masukkan nomor IMEI handphone anda disertai nama dan alamat email, dan klik submit. Oh ya, abaikan bookmark saya ya :D
  1. Jika anda mendapati error seperti ini, silahkan hapus satu karakter nomor IMEI anda. Contoh, nomor IMEI saya adalah : 123456789012345 dan saya mendapati error seperti gambar di bawah ini, maka hapus karakter 5 sehingga menjadi seperti ini : 12345678901234 



      7. Setelah itu, buka email anda, dan catat/copy kode yang diberikan kepada anda.
  1. Buka aplikasi Flashtool, dan tancapkan kabel data ke Miro anda. Tunggu hingga muncul pop up, pilih devicenya. Kali ini kita pakai Xperia Tipo.
  2. Setelah itu, masuk ke menu Plugins > Bootloader Unlock > Run.


    10. Masukkan nomor Unlock yang anda dapatkan tadi seperti di bawah ini :

     11. Matikan handphone anda, dan masuk ke mode fastboot. Caranya, setelah handphone mati, tancapkan kabel data sambil menahan tombol volume up. Ingat, volume up, bukan volume down! Dan lihat juga lednya, jika warna biru, maka sudah benar (Fastboot) dan jika warna hijau maka itu Flashmode!

  1. Tunggu hingga sudah terdeteksi. Jika masih seperti gambar di bawah ini, ulangi step ke 11 hingga terdeteksi
  2.  Dan klik Unlock! Handphone anda akan restart. Jangan khawatir, itu adalah prosedur Factory Reset. Setelah masuk ke menu, silahkan cek di *#*#7378423#*#*, jika tulisan Bootloader unlock : Yes, maka anda selesai melakukan Unlocking Bootloader. Selamat! :)

  1. Silahkan anda masuk ke CWM, dan restore data anda di sana. Tenang saja, Bootloadernya tetep Unlock kok :)
Selesai, anda sekarang bisa menginstall custom ROM dan custom kernel sesuai keinginan anda. Pertanyaannya, bagaimana cara relocking bootloader? Nantikan artikel saya selanjutnya. :D

      " SEMOGA BERMANFAAT "

NB : 
-  Cara di atas sudah saya coba sendiri, dan berhasil tanpa kendala.
-  Ikuti semua langkah dengan benar, agar tidak menemui kegagalan
-  Segala Kerusakan Bukan Tanggung jawab saya.

blogger templates | Make Money Online