Jumat, 26 Oktober 2018

Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk The Selected Disk Is Of The GPT Partition Style / MBR Tanpa Format

Pada setiap motherboard pada PC / Laptop pasti terdapat BIOS, BIOS merupakan Software yang ditanam di dalam Cipset Motherboard untuk mengendalikan Input-Output dari sebuah hardware. sedangkan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) merupakan penerus dari BIOS atau boleh disebut dengan pembaharuan BIOS karena UEFI dibuat untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki BIOS, sehingga pada Motherboard keluaran terbaru, sudah menggunakan UEFI.

Apabila pada saat Anda melakukan Instalasi di Motherboard yang menggunakan UEFI mungkin terjadi kesalahan Seperti Korup, Gagal Partisi, atau juga karna masalah partisi GPT / MBR dan lain-lain. kemungkinan Master OS Anda tidak mendukung dengan Motherboard UEFI.




Untuk melakukan instalasi di Motherboard UEFI silahkan seting terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi. untuk masuk ke UEFI sama Seperti BIOS dengan mengetikan tombol F2 atau tombol Delete pada keyboard tergantung merk dan jenis Motherboard Anda. dalam contoh ini kami pakai Montherboard Asus H61M-E. Untuk Montherboard lain, cara nya kurang lebih sama.

Saya mengambil contoh Motherboard Asus yang akan saya pasang Windows 7 , cara masuk ke UEFI di Motherboard Asus tekan F2 atau Delete, kemudian, untuk mempermudah pengaturan silahkan masukk ke Exit / Advanced Modem pada pojok kanan atas pada layar, kemudian pilih Advanced Mode.






Setelah masuk ke Adanced Modem arahkan Kursor Mouse ke Boot / Secure Boot.



Setting berikut ini adalah dengan Master Operating sistem Atau DVD Instalasi Windows 7 yang tidak menggunakan UEFI Mode, oleh karena itu silahkan ganti OS type ke Other OS.

Masih di Boot, Sekarang Masukke CSM (Compatibility Support Module)



Ganti Boot Device Control ke Legacy OpRom only.



Dengan Setinggan diatas, pada saat instalasi Windows 7 tanpa UEFI mode akan lancar jaya.

Sekian dan terikamasih, Semoga bermanfaat.

blogger templates | Make Money Online