Sabtu, 23 April 2011

Apasih Hakikat Skripsi??????????

Apa itu skripsi? Kalau menurut saya sendiri sih, skripsi itu adalah karya tulis ilmiah yang menjadi salah satu sayarat kelulusan jenjang S1. Jadi tulisan kita bisa dkatakan skripsi apabila tulisan kita ilmiah artinya didasarkan pada pengetahuan bidang ilmu tertentu, atau yang

berdekatan dengan ilmu induk. Selain itu juga untuk kelulusan S1. Jadi syarat untuk menulis skripsi harus seorang mahasiswa, anak SMA tidak bisa menulis skripsi, kalaupun anak SMA menulis yang sejenis skripsi, itu tidak dikatakan skripsi tapi hanyalah sebuah karya tulis ilmiah.

Kalau saya lihat, hampir tidak ada SKRIPSI yang baru sama sekali. Tidak ada yang mulai dari nol. Sebagian sangat besar, pasti sudah ada yang memulai. Jadi kalau ada yang bilang, tidak ada teorinya. ya lebih baik membuat karangan indah aja, cerpen atau apalah. Atau membuat teori sendiri dengan prosedur-prosedur ilmiah (kayak profeksor, hehee).

mungkin bagi kita semua sangatlah sulit untuk menemukan atau membuat teori baru, tapi bagi seorang yang jenius, menemukan teori bukanlah hal yang sangat sulit seperti yang kita rasakan ini. Kataknlah Isaac Newton saat duduk dan belajar di bawah pohon apel (kalau gak salah) dan saat itu sebuah apel jatuh dari pohon tersebut. Dengan mengamati apel yang jatuh, Newton mengambil kesimpulan bahwa ada sesuatu kekuatan yang menarik apel tersebut jatuh kebawah, dan kekuatan itu yang kita kenal sekarang dengan nama gravitasi.

Setahuku hanya ada dua syarat, sesuatu tulisan dikatakan ilmiah apabila LOGIS (artinya bisa diterima oleh akal sehat), dan EMPIRIS (didukung atau sesuai dengan fenomena yang bisa diamati di kenyataan hidup). Semoga kita semua lebih kritis dalam MENYIKAPI (kayak variable skripsiku, hehe) hidup ini sehingga nantinya bisa menemukan teori yang banyak dan tentunya bermanfaat untuk kehidupan manusia.

By. Ali Mahrus

Surabaya, 13 Februari 2011

blogger templates | Make Money Online